Resep Pempek Adaan Palembang Asli Lembut Didalam

Baca Juga


Makanan khas palembang yaitu pempek banyak banget yang menyukai karena rasanya yang enak dan gurih. Apalagi disajikan sama kuah cuka khasnya, dijamin bikin ketagihan bagi para pecinta kuliner berbahan dasar ikan yang satu ini. Semua orang udah pada tau kalo pempek asalnya dari palembang dan yang paling populer bernama pempek adaan palembang.

Biasa beli pempek adaan khas palembang ini sama abang-abang gerobak keliling yang suka mangkal dipinggir jalan atau gak dipasar malem gituh, rata-rata rasanya gurih campur seger dari kuah cukanya atau biasa disebut kuah cuko. Sekali makan jadi pengen  nambah beli lagi deh, hehe..

Apa itu pempek?

Pempek merupakan makanan khas palembang yang terbuat dari gilingan lembut daging ikan yang dicampur dengan tepung sagu, tepung terigu dan bahan-bahan pelengkap lainnya. Untuk pematangannya dengan cara digoreng bersama minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan. Tanda jika udah matang akan bertekstur garing diluar dan lembut didalam. Biasanya disajikan dengan siraman kuah cuko yang bikin menambah kesegaran dari makanan laris ini. 

Palembang terkenal sama pempeknya yang lezat. Saking khasnya semua orang setuju kalo pempek terenak yaitu pempek dari kota yang kaya akan ikan tenggiri tersebut. Kebetulan saya punya kenalan tukang pempek asli orang palembang. Saya banyak bertanya, gimana sih cara buat pempek yang lembut. Akhirnya bisa juga untuk menguasai cara pembuatan pempek ternikmat, nah kali ini akan saya bagikan resep pempek adaan palembang asli lembut didalam yang saya pelajari langsung dari ahlinya. Yuk mari kita bahas resep dan cara masaknya.

Resep pempek adaan palembang asli lembut

Bahan-bahan:

  • 500 gr daging ikan tenggiri yang sudah dibersihkan terlebih dahulu
  • 300 ml air santan encer yg dingin yah
  • 100 gr bawang merah iris halus/ daun bawang juga bisa
  • 150 gr sagu tani
  • 50 gr terigu
  • 2 butir telur utuh
  • 15 gr garam
  • 10 gr kaldu
  • 1 sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Daging ikan tenggiri tadi dicampur dengan sebagian air santan, lalu aduk rata menggunakan tangan hingga ikan menyatu bersama air santan tanpa gumpalan-gumpalan yang mengganggu.
  2. Masukkan sisa air santan yang sudah ditambahkan garam dan kaldu aduk rata kembali hingga mengental.
  3. Masukkan irisan bawang merah, merica dan telur lalu aduk sebentar dengan tangan hingga merata semua.
  4. Masukkan sagu dan terigu aduk rata lagi.
  5. Panaskan minyak dengan api sedang, lalu bentuk adonan pempek menjadi bulat seperti membuat pentol bakso, lalu goreng hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan.
  6. Bolak balik pempek dan jangan menggoreng dengan isi yang banyak karena akan membuat pempek adaan jadi gagal kembang dan tidak bulat bentuknya.
  7. Jika udah matang maka pempek adaan pun siap untuk disajikan bersama kuah cuko khasnya.

Tentu mudah dan dapat ditiru dirumah. Bisa juga dikreasikan dengan isian telur atau pun bahan pelengkap lainnya. Baca juga cara membuat bumbu sate ayam sebelum dibakar. Jangan takut, jangan ragu dalam memasak..
-

Silahkan dicoba!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url