Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Cirambay Viral Berdasar Pengalaman


Seperti gak ada habisnya makanan cirambay sangat populer hingga saat ini. Banyak orang yang rela menghabiskan uangnya, hanya demi bisa menikmati rasa pedas mie rambay viral khas orang sunda. Sesuai namanya Cirambay berarti Aci yang dibuat Merambay-rambay seperti bentuk mie yang memanjang.

Dalam pembuatannya gak bisa sembarang mencampur adukan adonan, harus ada tahapan, takaran, dan tentunya resep masakan dalam membuat cirambay.

Diartikel sebelumnya saya udah pernah ngebahas tentang resep cirambay viral dan jadi makanan hits kekinian. Karena kemarin cara membuatnya kurang lengkap, hanya ada beberapa intruksi aja. Itu pun dibuat dengan resep untuk berjualan aja, jadi banyak yang kurang paham mengenai langkah demi langkahnya.

Nah kali ini saya akan memberikan pembahasan lengkap cara membuat cirambay viral berdasar pengalaman yang telah saya alami dalam pembuatan resep-resepnya. Cara ini udah pasti terjamin keaslian dan keberhasilannya, jangan takut dan jangan ragu lagi, mari masak cirambaynya..

Cara membuat cirambay viral


Cirambay terbuat dari tepung aci yang diolah sedemikian rupa, disertai tahapan-tahapan tertentu, sehingga jadi seperti bentuk mie ngerambay. Untuk membuatnya kita memerlukan resep seperti berikut.

Bahan-bahan mie rambay:

Bahan A:

  • 100 gr tepung aci/sagu/tapioka
  • 1 sdt garam
  • 200 ml air

Bahan B:

  • 250 gr tepung aci/sagu/tapioka
  • 25 ml air panas (bila perlu)

Langkah-langkah:

  1. Masak bahan A sampai kental seperti lem, masukkan ke dalam bahan B yaitu tepung aci kering. Ulenin sampai padat. (Adonan tidak lembek).
  2. Jika dirasa masih kering, tambah sesendok demi sesendok air panas. Sampai membentuk adonan yang padat dan keras.
  3. Giling adonan dengan ampia sampai tipis kemudian cetak di cetakkan mie ukuran besar.
  4. Ambil segenggam mie, langsung goreng dalam minyak panas 20 detik aja jangan kelebihan yah.

Cirambay kurang lengkap jika tanpa bumbu saus dalam sajiannya. Untuk itu mari kita membuat bumbu sausnya agar menambah kenikmatan saat menyantap cirambay yang lagi viral ini.

Bahan bumbu saus cirambay: 

  • Minyak bawang 
  • Bubuk cabe 
  • Kaldu 
  • Garam
  • Saus cabe

Cara membuat:

  1. Campurkan minyak bawang, bubuk cabe, kaldu, garam, dan saus cabe kedalam wadah yang telah disiapkan. 
  2. Masukkan mie rambay yang udah dibuat tadi dan aduk hingga merata.
  3. Kalo udah kecampur semua, maka cirambay viral pun siap untuk disantap. 

Pas banget nih buat para pecinta makanan pedas menggelegar. Bakal bikin nagih nambah lagi.. nambah lagi.. deh pokonya, hehe..

Ternyata proses pembuatannya cukup simpel yah, tentunya kamu juga dapat mencoba sendiri dengan kreasi dan selera masak masing-masing dirumah. 
-

Silahkan dicoba!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Cirambay Viral Berdasar Pengalaman"