Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bumbu Sate Ayam Sebelum Dibakar Menurut Penjualnya

Bumbu sate ayam sebelum dibakar


Sedikit bercerita dulu bahwa, tadi malam saya bertanya kepada penjual sate. Saya bertanya begini, Kang apa saja bumbu sate ayam sebelum dibakar?

Untung saja berhubung penjual satenya kenal dekat dengan saya, dia pun ngasih bumbu-bumbunya. Meskipun, saya tahu bahwa dia tidak akan sekumplit itu ngasih tahunya karena mungkin takut tersaingi.

Padahal, niat saya bertanya seperti itu bukan buat menyainginya, tapi karena penasaran aja. Kok bisa khas banget gitu aroma bumbu sate ayam-nya.

Nah, buat kamu yang pengen tahu bumbu apa saja sih yang terdapat pada sate ayam, khususnya sebelum dibakar, kini kamu bakal tahu segalanya.

Sebab, dalam artikel ini, saya sudah menemukan informasi yang tepat dari penjual satenya secara langsung.

Baik. Langsung saja akan saya kupas semuanya di bawah ini.

Apa itu sate ayam?

Menurut laman Wikipedia, sate ayam ialah makanan khas yang berasal dari Indonesia. Sate ayam terbuat dari daging ayam sebagai bahan utamanya.

Dan pada umumnya, sate ayam bakal dimasak dengan cara dipanggang menggunakan arang, lalu disajikan dengan berbagai pilihan bumbu, seperti oleh bumbu kacang maupun bumbu kecap.

Sate ayam yang paling terkenal adalah sate ayam Madura. Penjual sate Madura mempunyai racikan bumbu khusus yang khas banget di lidah masyarakat Indonesia, atau setidaknya di lidah saya (soalnya sudah pernah tiga tahun tinggal di sana).

Akan tetapi, pada artikel ini, saya tidak akan membagikan bumbu sate ayam Madura. Namun, bumbu sate ayam yang umum saja, yang dapat saya akses di dekat rumah.

Inilah berbagai resepnya..

Bumbu sate ayam sebelum dibakar

  • Sediakan lima siung bawang merah
  • Siapkan juga lima siung bawang putih
  • Dan jangan lupa lima buah kemiri
  • Sediakan 1 aja buah kunyit
  • Siapkan ketumbar bubuk secukupnya aja
  • Dan juga minyak goreng secukupnya
Oke, setelah menyiapkan bumbu, kalau emang pengen juga membuat sate ayam, langsung baca lagi cara pembuatannya di bawah ini.

Cara membuat bumbu sate ayam yang khas

  1. Pertama-tama, potong dan sangrai dulu bawang merah, juga bawang putih, tambah kemiri dan kunyit
  2. Semuanya silakan bleder sampai halus
  3. Silakan masak sebentar hingga bumbunya terasa wangi
  4. Silakan oleskan minyak, bumbu halus, dan juga ketumbar bubuk pada sate ayamnya sebelum kamu membakarnya

Kesimpulan

Nah, kan, sebenarnya simple aja menyiapkan bumbu sate ayam sebelum dibakar itu, tapi sumpah deh cara pembuatannya sulit karena emang saya pribadi bukan ahlinya.

Itulah mengapa, kalau dijual atau dibikin oleh penjual satenya langsung, terasa khas banget aromanya. Ya karena memang mereka udah expert banget.

Tapi, setidaknya, minimal kita tahu dulu deh bumbun-bumbunya. Urusan enak dan nggak enak mah, belakangan aja.

Oke. Mungkin itu aja resep yang dapat saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat! 

Posting Komentar untuk "Bumbu Sate Ayam Sebelum Dibakar Menurut Penjualnya"