Resep Tahu Walik Aci Agar Bertekstur Crispy

Baca Juga


Tahu walik merupakan makanan ringan khas daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Juga termasuk dalam jajanan legendaris yang masih eksis hingga saat ini. Bahan dasar dalam pembuatan tahu walik berasal dari tahu pong yang dibelah menjadi dua bagian sama rata dan berbentuk segitiga.

Makanan ini terkenal dengan semua kulit tahunya yang dibalik, oleh sebab itulah dinamakan sebagai tahu walik (tahu dengan kulit yang terbalik). Istilah "Walik" sendiri berasal dari bahasa jawa yang berarti "Terbalik". Setelah dibalik, lalu isi bagian dalam tahu tadi dengan racikan adonan aci yang udah dibuat. Lakukan hal yang sama pada tahu-tahu selanjutnya sampai habis dan terakhir tinggal goreng deh hingga semuanya matang merata.

Tahu walik yang biasa kita beli dari abang-abang gerobak dipinggir jalan, ternyata memiliki tekstur tahu crispy diluar dan berisi didalam. Apalagi kalo ditemenin dengan bumbu kecap yang khas, pasti bakalan nyatu banget sama tahunya. Itulah dinamakan dengan kenikmatan santap yang hakiki.

Setelah mereview berbagai macam jajanan tahu walik yang berada didaerah tempat tinggal saya. Akhirnya nemu juga nih resep tahu walik aci dengan tekstur bagian luar yang crispy, tapi ketika masuk kedalam mulut, rasa dari adonan didalam seakan keluar dengan sendirinya. Dijamin bakalan membuat kita gak bisa berhenti ngunyah, hehe..

Karena tahu walik telah menjadi primadona jajanan pinggir jalan yang paling diminati, untuk itu mari masak dunia akan membahas resep tahu walik aci agar bertekstur crispy. Tidak lupa juga ditemani dengan bumbu kecap pedas manis yang membuat tahu semakin laris. Cocok banget nih kalo mau dibuat untuk berjualan. Yuk langsung aja kita ke resep tahu walik aci berikut ini.

RESEP TAHU WALIK ACI


Seperti yang terdapat dalam resep masakan ini, untuk jenis tahunya harus pake jenis tahu pong yang sudah matang yah, supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Juga perhatikan dalam membalik kulit tahu satu persatu yah. Kali ini kita harus menyiapkan bahan utama dan bahan untuk bumbu kecap. Untuk semua bahan-bahannya siapkan seperti dibawah ini.

BAHAN UTAMA TAHU WALIK

  • 8-10 bh tahu pong matang
  • 10 sdm tepung tapioka
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm kaldu bubuk
  • 2-3 siung bawang putih, haluskan
  • 10 sdm air panas
  • Daun bawang secukupnya, iris
  • Minyak goreng

BAHAN BUMBU KECAP

  • 3 sdm gula aren
  • 1 sdm gula pasir
  • Cabai rawit merah sesuai selera
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Setelah kedua bahan diatas disiapkan dengan baik, juga sesuai dengan jumlah dan takaran yang telah disesuaikan. Kita lanjut pada pembahasan proses membuat tahu walik dari awal hingga akhir yang matang dengan sempurna. Maka dari itu ikuti langkah dan instruksi berikut.

CARA MEMBUAT TAHU WALIK ACI

  1. Belah tahu pong menjadi dua bagian, bentuk segitiga. Balik kulitnya satu persatu.
  2. Siapkan adonan aci dengan cara mencampurkan tepung tapioka, tepung terigu, garam, kaldu bubuk, dan bawang putih. Tambahkan air panas secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan kalis.
  3. Masukkan potongan daun bawang, dan kembali aduk hingga merata.
  4. Ambil adonan aci secukupnya, isikan kedalam tahu pong yang sudah dibalik tadi. Lakukan hal yang sama hingga semua tahu dan adonan aci habis.
  5. Panaskan minyak terlebih dahulu. Kemudian goreng tahu walik aci tersebut hingga berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

Setelah tahu sudah matang, terakhir tinggal hanya membuat bumbu kecapnya.

CARA MEMBUAT BUMBU KECAP

  1. Siapkan bumbu kecap dengan ulek cabai, gula merah, gula pasir, dan garam. 
  2. Kemudian tuang di wadah yang sudah disiapkan, beri tambahan kecap dan air secukupnya, aduk rata.
  3. Terakhir sajikan tahu walik bersama dengan bumbu kecapnya.

Tahu walik dan bumbu kecap ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sebab jika salah satu tidak dibuat, maka yang satunya hanya akan jadi makanan biasa aja. Jadi kalo bisa bikin bareng-bareng keduanya. Agar dapat melengkapi satu sama lain. 

Resep tahu walik ini bisa digunakan untuk berjualan, peminatnya juga lumayan banyak, pasti untung besar nih kalo jualan makanan ini. Buat yang ingin menambah wawasan lagi mengenai resep masakan yang lain dari mari masak dunia, bisa pelajari hidangan mie nyemek indomie goreng dengan rasa pedas menggugah selera. Tentunya disertai dengan pembahasan menarik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url