Panduan Resep Seblak Kuah Pedas 30 Porsi Terkomplit

Baca Juga


Seblak sangat populer saat ini karena rasanya yang emang bikin nagih sih. Peminatnya juga banyak dari golongan kaum hawa dan anak muda, mereka suka dengan rasa kuah pedasnya yang dapat menggugah selera kita. Selain itu seblak juga memiliki toping beragam dan kaya akan bumbu beraroma sedap. Jadi gak heran kalo pada nyari makanan yang satu ini.

RESEP SEBLAK KUAH PEDAS

Apa Itu Seblak?

Seblak merupakan makanan berkuah khas sunda, tepatnya berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari kerupuk aci, telur ayam, bakso dan sosis ayam. Kemudian diberi berbagai macam bumbu penyedap dan cabai agar menghasilkan rasa pedas yang khas.

Apa Saja Jenis Dari Seblak?

Ada dua macam jenis seblak yaitu :

1. Seblak Kering

cara membuatnya hanya dengan cara menggoreng segala bahannya saja, jadi gak harus dilembekkan. Sehingga gak memiliki kuah sama sekali. Cita rasa yang dihasilkan bertekstur keras dan renyah.

2. Seblak Basah 

yang cenderung memiliki lebih banyak kuah, bumbu, toping serta peminatnya juga. Memang benar rasanya lebih enak yang disertai kuah pedas segar khasnya. Jenis ini bisa dikreasikan menjadi seblak ceker mercon, seblak tulang, seblak iga, seblak kwetiau, dan masih banyak lagi.


Untuk bisa membuat seblak dengan rasa enak. Perlu mengetahui pembahasan resep mengenai makanan yang selalu dicari saat ini. Hingga pelosok kampung pun pasti ada aja penjualnya. Udah jadi primadona bagi para remaja nih kayaknya, bahkan sampe ada yang tergila-gila dibuatnya, hehe..

Karena banyak sekali peminatnya kali ini mari masak dunia akan membahas panduan resep seblak kuah pedas yang cocok untuk digunakan sebagai ide jualan makanan kekinian. Gak nanggung-nanggung resep yang akan kita buat bisa untuk 30 porsi komplit. Udah pasti laris manis pokonya.

Saya rasa resep ini akan sangat berguna, bagi mereka para pemula agar bisa membuat seblaknya dengan kreasi dan inovasi tersendiri. Sebelum mencoba mengembangkan masakannya, alangkah baiknya harus tau dulu seperti apa resep dasar dalam meracik dan membuat seblak kuah yang enak.

Penasaran gimana cara membuat makanan enak dan pedas ini? Sebelum itu kita persiapkan dulu berbagai macam bumbu dan bahannya terlebih dahulu yah.

BUMBU DAN BAHAN YANG DIPERLUKAN

  • 1 kg kerupuk aci/kerupuk kanji mentah warna putih
  • Air panas untuk merendam
  • 8 butir telur ayam 
  • 4 sdm garam 
  • 1 sdt gula pasir 
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk 
  • 4 batang daun bawang iris halus 
  • 8 sdm minyak goreng untuk menumis 
  • 12 buah sosis sapi, potong bulat diameter 1-2 cm 
  • 10 buah bakso sapi potong bulat tipis 
  • Bawang goreng secukupnya untuk taburan Bumbu halus
  • 20 siung bawang putih 
  • 6 butir bawang merah 
  • 2 cm kencur 
  • 5 buah cabai keriting 
  • 10 buah cabai rawit

Jika semuanya udah siap, kita lanjut pada proses pembuatannya. Inget yah jangan sembarangan dalam hal apapun. Dan untuk langkah-langkahnya harus sesuai seperti dibawah ini.

CARA MEMBUAT SEBLAK KUAH PEDAS

  1. Rendam kerupuk dalam air panas hingga berwarna bening. Angkat dan tiriskan.
  2. Rebus kerupuk sebentar hingga teksturnya lunak.
  3. Kemudian haluskan semua bumbu yang tadi udah disiapkan.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus tadi hingga harum.
  5. Masukkan telur, aduk hingga berbutir-butir.
  6. Tambahkan bakso sapi, sosis, dan kerupuk kanji.
  7. Masukkan daun bawang, garam, gula, dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata.
  8. Tuang air, masak hingga bumbu meresap dan bahan matang. Angkat.
  9. Dinginkan sejenak, masukkan ke dalam wadah atau kemasan.
  10. Beri taburan bawang goreng.
  11. Seblak kuah pedas pun siap untuk disajikan.

Note : Resep diatas untuk 30 Porsi Seblak


Selain mempunyai rasa yang sempurna, masakan pedas ini dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Banyak orderan, banyak penghasilan juga nantinya. Dijual secara online juga bisa loh. Semuanya dijamin "Mantap Euy".

Silahkan mencobanya!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url