Resep Puding Mangga Sederhana Yang Menyegarkan

Baca Juga


Puding merupakan hidangan penutup yang terbuat dari bahan-bahan yang dimasak dengan cara direbus, dan kemudian didinginkan selama beberapa saat agar puding menyatu dengan cetakan yang dipakai dan akan bertekstur kenyal. Puding juga dapat dikreasikan dengan cara menambahkan bahan-bahan pelengkap seperti kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau bisa juga dengan campuran daun suji dan daun pandan. Selain bahan-bahan tadi puding juga dapat dipadukan dengan berbagai macam buah-buahan, seperti jeruk, nanas, mangga, sirsak, markisa, melon dan masih banyak lagi. Untuk jenis buah yang mau dipake sesuaikan dengan selera masing-masing yah.

Karena kreasi puding dengan buah mangga yang paling populer saat ini. Maka mari masak dunia akan membahas resep puding mangga sederhana yang akan menjadi hidangan penutup yang sangat menggugah selera. Puding mangga juga rasanya begitu enak dan segar, dijamin pada suka deh kalo disajikan buat hidangan keluarga dirumah. Ditambah lagi puding mangga tersebut adalah sajian yang menyegarkan. Cocok banget disantap siang hari pada saat cuaca lagi panas-panasnya akan terasa lebih nikmat. Biar gak penasaran gimana sih cara buatnya? Yuk langsung aja kita ke pembahasan resepnya.

RESEP PUDING MANGGA SEDERHANA


Untuk membuat puding mangga ini, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Cukup sederhana kok buat bahannya. Ikuti aja seperti dibawah ini. Kalo mau hasil yang maksimal, pilih mangga yang masih segar dan berkualitas baik yah. Karena bahan yang satu ini sangat berpengaruh nantinya.

BAHAN-BAHAN

  • 2 buah mangga, jenis apa saja (daging mangga yang sudah dikupas jadi 500 gram)
  • 1 bungkus bubuk agar agar putih
  • 100 gram gula pasir /sesuai selera
  • 500 ml susu cair full cream
  • Sejumput garam
  • 2 sdm SKM (Susu Kental Manis)
  • 20 gram tepung maizena + 50 ml air putih

Jika semua bahan udah disiapin, lanjut kita ke proses pembuatan pudingnya. Prosesnya juga ga terlalu ribet, pokonya mudah dan bisa ditiru sendiri dirumah. Karena resep ini udah dibuat semudah mungkin, supaya mempermudah kalian semua dalam membuatnya.

CARA MEMBUAT PUDING MANGGA

  1. Blender daging buah mangga dengan hand blender hingga hancur dan halus, kemudian sisihkan.
  2. Masukkan gula pasir, garam dan bubuk agar-agar ke dalam panci, aduk rata.
  3. Lalu tuang susu cair, aduk rata. Lalu masukkan buah mangga yang udah diblender tadi, aduk rata lagi. 
  4. Hidupkan api kompor dengan api sedang, aduk hingga mendidih, lalu matikan api.
  5. Masukkan SKM dan tepung maizena yang dicampur dengan air. Aduk rata. 
  6. Hidupkan api kompor lagi, aduk aduk hingga mendidih, matikan api, aduk-aduk rata lagi supaya tidak bergerindil.
  7. Tuang ke dalam cetakan puding yang telah dibasahi dengan air. Bentuk cetakan nya sesuaikan dengan selera yang kalian mau. Dinginkan dan masukkan ke dalam kulkas minimal selama 2 jam.
  8. Dan puding mangga pun udah siap buat jadi hidangan penutup spesial buat keluarga tercinta.
  9. Bisa juga menambahkan toping seperti irisan buah mangga untuk mempercantik tampilan dari pudingnya.

Resep puding mangga ini selain cara membuatnya yang sederhana, tentu juga memiliki rasa begitu enak. Juga sangat baik untuk kesehatan karena terbuat dari susu dan buah mangga yang segar. Resep ini boleh kalian coba dirumah karena cara membuatnya juga terbilang cukup mudah. Pasti pada bisa deh bikin pudingnya. Buat yang mau belajar mengenai resep masakan yang beragam bisa dilihat resep kue bawang khas aceh yang mudah dan berasa renyah dimulut. Tentunya dengan pembahasan resep yang menarik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url