Panduan Resep Gado-gado Sederhana Dan Enak Ternikmat

Baca Juga


Gado-gado merupakan makanan khas Kota Jakarta yang terbuat dari berbagai macam sayuran rebus lalu disatukan, kemudian diberi siraman bumbu kacang tanah yang medok banget. Tak lupa juga untuk menambahkan kerupuk, irisan telur dan kentang rebus sebagai pelengkap hidangan, sekaligus menambah kenikmatan dalam menyantapnya.

Makanan ini sering juga disebut saladnya orang Indonesia, karena terbuat dari bahan sayuran alami yang tentunya menyehatkan dan sangat baik bagi tubuh kita. Hanya saja bukan pake minyak zaitun untuk siramannya, tapi pake bumbu kacang yang udah dibuat selezat mungkin. Agar menambah rasa enak buat gado-gadonya. 

Untuk penjualnya biasa dijual oleh emak-emak dasteran, punya warung dipinggir jalan, dan mempunyai juru masak handal yaitu suaminya sendiri, juga dijadiin asisten pribadinya, buat bantuin nyiapin segala macam bahan yang akan digunakan dalam meracik gado-gado tersebut. Pokonya pasangan suami istri ini udah siap sedia buat melayani pelanggan-pelanggan kelaparan yang bermunculan, hehehe..

RESEP GADO-GADO SEDERHANA DAN ENAK

Ternyata makanan ini mempunyai cara yang cukup sederhana dalam membuatnya. Panduan resep gado-gado sederhana dan enak ini saya dapatkan dari perbincangan panjang sama emak-emak dasteran barusan. Baik banget si emaknya mau berbagi ilmu buat dijadiin bahan pembahasan kita kali ini. Oleh sebab itu, untuk bahan-bahannya mohon siapkan seperti dibawah yah.

BAHAN GADO-GADO

  • 350 gr kentang, kukus
  • 1 ikat daun selada
  • 2 buah tomat
  • 1 buah timun
  • 100 gr bihun jagung, rebus
  • 4 butir telur rebus
  • 2 buah wortel, iris menyerupai bentuk korek api
  • 100 gr toge
  • 150 gr kol, iris
  • Kerupuk, tempe dan tahu goreng secukupnya
  • (Semua sayuran dicuci sampai bersih, rendam dengan air garam kurang lebih 15 menitan. Lalu rebus kecuali timun, selada dan tomat)
  • Jika semua sayuran udah direbus, angkat dan tiriskan.

BAHAN SAUS KACANG

  • 250 gr kacang goreng, haluskan
  • 10 buah cabe rawit merah besar
  • 10 buah cabe rawit
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 jempol kencur, haluskan
  • 1 sdm royco ayam
  • 1 sdm gula merah
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air asam jawa
  • 2 sdm air jeruk limau
  • 1 sdt terasi, bakar
  • 65 ml santan
  • 2 lembar daun jeruk dan air secukupnya

CARA MEMBUAT SAUS KACANG MEDOK

  1. Kukus cabe rawit dan bawang-bawangan terlebih dahulu.
  2. Lalu haluskan bersama kencur, terasi dan gula merah.
  3. Kemudian masak kacang dengan bumbu halus dan semua bahan-bahan saus diatas.
  4. Beri air secukupnya, masak hingga kuah mengental sempurna.
  5. Koreksi rasa, angkat dan sisihkan.

SENTUHAN AKHIR

  1. Ambil wadah/piring saji. 
  2. Lalu tata rapih semua bahan Gado-gado diatasnya.
  3. Kemudian siram dengan Saus Kacang yang tadi udah dibuat.
  4. Terakhir beri tambahan Kerupuk, irisan Telur, dan Kentang rebus sebagai pelengkap santapannya.

Setelah jadi, hidangan ini bisa langsung dimakan begitu aja dengan ditemani saus kacang medok gurihnya. Tapi dapat juga disantap bersama nasi putih atau pun lontong. Semuanya sama-sama enak dan nikmat. Tinggal pilih aja yang jadi selera favorit kesukaan kamu. Mengenai resep dan cara membuat gado-gado barusan, terbilang cukup mudah dan sederhana. Kamu juga pasti bisa mencobanya sendiri dirumah.

Buat yang mau tau tentang resep masakan yang berbeda, beserta pembahasan menarik dari mari masak dunia bisa dilihat tips resep bubur kacang hijau kental dengan paduan saus santan gurih dijamin bikin nagih nih. Semoga bermanfaat yah. Terima kasih.

Selamat Mencoba!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url