Resep Cireng Isi Jando Pedas yang Pernah Saya Buat

Baca Juga

Resep Cireng Isi Jando Pedas


Sejak saya duduk di Sekolah Menengah Pertama hingga kini, salah satu jajanan favorit saya adalah cireng isi. Dulu, jajajan yang bahan utamanya dari aci ini belum begitu bervariasi seperti sekarang. Hanya terdapat cireng isi ayam, bakso, dan sosis.

Nah, baru-baru ini saya menikmati cireng isi yang di dalamnya berisi jando. Dan keluarga saya pada Minggu kemarin nyoba-nyoba membuatnya. Ternyata, rasanya lumayan lezat. Meski tidak selezat dari tukang dagang langganan saya tentunya.

Oleh karena saya menikmati cireng isi tersebut, maka pada artikel ini, saya pengin berbagi kepada teman-teman sekalian tentang resep cireng isi jando pedas.

Entah mengapa, sebagai orang yang menyukai jajanan-jajanan pedas, selalu saja mengaitkan makanan apapun dengan rasa pedas. Tapi, faktanya, emang nikmat  banget sih cireng isi jando rasa pedas itu. Khas pisan gitu di lidah saya sebagai orang Sunda.

Apa itu cireng isi jando pedas?

Bagi sebagian orang, mungkin jenis cireng isi ini tampak asing di telinga. Ya wajar juga sih karena Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak bahasa.

Saya sendiri pun awalnya nggak tahu "jando" itu apa. Setelah menanyakan ke tukang mang-mang jualan cireng isi, ternyata jando itu artinya gajih. Atau, lemak.

Jadi, cireng isi jando pedas itu adalah cireng isi gajih. Pertanyaannya, barangkali, gajih apa? Pasalnya, gajih sering dikait-kaitkan dengan gajih kambing. O, ternyata bukan, cireng isi ini berisi gajih sapi.

Jelas, kita tahu bahwa daging sapi lebih mahal daripada daging kambing. Sehingga, cireng isi jando harganya mahal banget kalau dibandingkan dengan cireng isi pada umumnya.

Nah, untuk mendapati jenis cireng ini sebenarnya agak sulit. Sebab, nggak begitu banyak pelaku usaha yang membuka usaha ini.

Oleh karena itu, solusi untuk menikmati cireng isi ini adalah dengan membuatnya di rumah kita sendiri.

Kita tinggal beli aja gajih sapi, lalu olah dengan baik. Ya, ya, ya, sekali lagi, meski rasa dan teksturnya mungkin nggak seasyik dari penjual aslinya.

Tanpa basi-basi lagi, berikut bahan-bahan yang harus teman-teman persiapkan. Sekaligus, resepnya juga bakal saya informasikan di bawah ini.

Resep cireng isi jando pedas

  1. 150 gr terigu dan tepung yang berprotein
  2. 500 gr kanji tepung
  3. 3 batang daun bawang lalu iris sampai halus
  4. 2 siung bawang putih sekaligus haluskan
  5. 1 sendok garam
  6. 360 ml air
  7. Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan:

  1. Gajih sapi tentunya
  2. Cabai merah
  3. ½ buah bawang bombay, dan iris tipis-tipis kayak kumis aku
  4. 3 siung bawang putih dan langsung haluskan
  5. ½ sendok garam
  6. ½ sendok gula pasir

Cara membuat cireng isi jando pedas

1. Tumis dulu bawang putih, lalu masukkan cabe rawit pedas, garam, dan juga gula pasir
2. Goreng dulu sampai matang. Dan langusng sisihkan.
3. Masukan jando, gula pasir dan sedikit garam.
4. Rebus air, lalu 5 sdm tepung kanji, tambah bawang putih, garam, dan daun bawang sambil diaduk ya sampai betul-betul mendidih.
5. Angkat hingga kalis.
6. Ambil adonan gajih
7. Tahap yang terakhir, goreng cireng jando dalam minyak panas sampai matang
8. Cireng jando siap disajikan, broo..

Kesimpulan

Sebenarnya agak susah ya kalau dijelasin dalam bentuk tulisan. Kamu harus tahu deh masakan ibu saya saat membuat cireng isi jando pedas. Beuh, mantap!! Saya sendiri mah masih sebagai tukang menyimak dan masih pemula juga.

-

Barangkali itu saja resep cireng isi jando pedas. Silakan dicoba. Baca juga tulisan saya tentang resep makanan ringan berbahan mie. Thanks!!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url