Tips Resep Bubur Kacang Hijau Kental Saus Santan

Baca Juga


Gak heran kalo bubur kacang hijau banyak dicari, biasanya sih pagi-pagi saat jam sarapan. Ada aja yang nungguin abang-abangnya lewat depan rumah. Sekalinya lewat yang beli udah pada antri. Emang cocok banget deh buat jadi menu sarapan sehari-hari, karena dapat mengganjal perut sampe jam makan siang tiba.

Kadang suka kesel juga kalo udah lama nungguin, tapi si abangnya gak nongol-nongol, ehh taunya si abang kelelahan trus libur dagangnya. Nah untuk itu, mending kita buat sendiri aja yuk bubur kacangnya dirumah, pastinya dengan resep dari mari masak dunia yang akan mempermudah kamu dalam membuatnya.

RESEP BUBUR KACANG HIJAU KENTAL

Ternyata gampang banget meracik resep bubur kacang hijau yang satu ini. Gak perlu bahan dan cara yang ribet-ribet pokonya. Tinggal ikuti aja tips yang akan dibahas kali ini, pasti bakal bisa dan paham deh buat nyoba sendiri dirumah.

Apa Itu Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang merupakan makanan yang enak dan kaya serat. Karena terbuat dari kacang hijau, tepung ketan, daun pandan, jahe, gula merah dan saus santan yang gurih.

Oleh sebab itulah bubur kacang menjadi makanan yang sehat serta mengenyangkan. Kaya akan vitamin dan karbohidrat. Apalagi kalo diberi toping irisan buah nangka segar, pasti nambah nikmat deh pokonya.

Setelah mengetahui tentang bubur kacang, lalu kita cari tau bahan apa saja yang diperlukan untuk membuatnya? Bahan-bahannya cukup sederhana tinggal kamu siapin seperti dibawah ini yaa..

BAHAN-BAHAN YANG DIPERLUKAN

  • 250 gr kacang hijau, cuci bersih (saya rendam semalaman)
  • 200 gr gula merah, potong-potong (tambahin lagi kalo suka manis mah)
  • 1200 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 1 ruas jahe, geprek
  • 20 gr tepung ketan cairkan dengan sedikit air (untuk mengentalkan bubur nantinya)

Setelah semua bahan udah siap, lanjut kita ke proses pembuatannya. Perhatikan dengan baik-baik langkah demi langkahnya, supaya hasilnya sempurna seperti yang diharapkan.

CARA MEMBUAT BUBUR KACANG HIJAU KENTAL

  1. Rebus air dalam panci, tambahkan daun pandan dan jahe.
  2. Tunggu air mendidih, masukkan kacang hijau, lalu tutup panci.
  3. Masak selama 5 menit, matikan api, biarkan panci tetap tertutup yaa..
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Nyalakan kompor, rebus kembali kacang hijau selama 7 menit (kacang hijau saat panci dibuka udah mekar sempurna).
  6. Masukkan gula merah dan garam, tunggu sampai gula merah larut semua.
  7. Larutkan tepung ketan dengan sedikit air, langsung tuang kedalam panci tadi.
  8. Aduk hingga rata, tunggu beberapa saat sampai bubur mengental.
  9. Lalu matikan api.
  10. Agar rasanya lebih pas, harus ditemani dengan siraman saus santan nih.

Untuk cara membuat saus santan seperti dibawah ini.

BAHAN SAUS SANTAN

  • 400 ml santan agak kental dikit
  • 1/2 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan, simpulkan

CARA MEMBUAT

  1. Rebus santan pakai api kecil aja, jangan kegedean.
  2. Aduk-aduk terus yaa biar santan gak pecah-pecah.
  3. Tunggu hingga mendidih.

TOPING

  • Irisan buah nangka yang masih segar

PENYAJIAN

  1. Taruh bubur kacang hijau dalam mangkok yang udah disiapin.
  2. Tambahkan saus santan yang tadi sudah dibuat.
  3. Beri toping irisan buah nangka.
  4. Dan hasilnya Bubur Kacang Hijau Kental pun siap untuk disantap.

Gampang banget kan cara buatnya. Silahkan untuk mengkreasikan lagi dirumah, dengan cara, bahan dan selera masing-masing. Buat yang mau tau berbagai macam resep makanan bercita rasa manis dari mari masak dunia, bisa dilihat seperti resep puding mangga sederhana dengan rasa segar menggugah selera kita.

Selamat Mencoba!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url