Tips Resep Kue Nastar Nanas Enak Lembut Bikin Nagih

Baca Juga

marimasakdunia.com

Lagi pengen makan yang manis-manis, tapi suka bingung mau makan apa? Ditambah dirumah gak ada cemilan apa-apa lagi, jadi mondar mandir gak jelas deh. Mau beli tapi lagi mager keluar, bawaan nya pengen dirumah mulu, mana sendirian lagi dirumahnya, kan gak ada buat temen ngobrol. Akhirnya nyoba buka kulkas, ehh nemu sesuatu, wahhh apa tuh?? Kebetulan nemu buah nanas dalam kulkas, kan lumayan bisa dibuat cemilan, hehehe. Tapi kalo dimakan langsung sih buah nanasnya udah biasa, gak aneh lagi. Pengen yang seruan dikit ahh.. Kepikiran juga buah nanas ini kalo dibikin kue kayanya enak tuh, mumpung sendirian dirumah, tinggal pake bahan-bahan yang ada aja dirumah, hehehe. Pas banget nih bahan-bahan yang ada cocok buat bikin kue nastar, trus buah nanas yang tadi dibikin buat selainya deh. Baru ngebayangin aja udah ngiler, apalagi kalo udah jadi, Emmmm pasti enak dan lembut pokonya kue nastar selai nanas ini. Yuk langsung aja kita bikin resep kue nastar nanas enak lembut bikin ngiler nya.

Tapi sebelum kita menuju pada resep masakan kue nastar nanas nya. Kita harus tau dulu, Apa itu yang dinamakan nastar? Apa saja kandungan bahan yang terkandung, sehingga terciptanya kue nastar?

Nah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas itu, mari kita simak pembahasan tentang kue nastar ini. Selain kita tau resepnya, juga dapat menambah wawasan kita mengenai kue nastar. Kan selain dapet resep juga dapet ilmu dari mari masak dunia yang sangat bermanfaat. Langsung aja yuk kita ke pembahasan nya.

Nastar merupakan sejenis kue kering yang terbuat dari adonan yang berbahan dasar tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai nanas maupun selai cokelat. Atau bisa juga dengan selai atau bahan-bahan yang lain untuk isian nya (sesuaikan dengan selera masing-masing yaa). Kue nastar biasanya berbentuk bulat-bulat yang diatasnya diberi potongan kecil kismis atau cengkeh. Dimatangkan dengan cara di oven hingga berwarna kuning kecokelatan. Biasanya kue nastar dimasukkan kedalam toples dan disajikan pada hari-hari raya seperti natal, idul fitri, dan imlek untuk menjamu para tamu yang datang ke rumah.

Dalam pembuatan kue nastar dapat dikreasikan dengan berbagai macam selai didalamnya. Nah kali ini yang akan mari masak dunia bahas yaitu tips resep kue nastar nanas enak lembut bikin ngiler pokonya deh. Nanti kalo udah makan kue nastar nanas dari resep mari masak dunia ini dijamin bakalan bikin ketagihan dan mau nambah lagi, lagi dan lagiii, hehehe.

Kalo udah penasaran sama resep masakan kue nastarnya, yuk langsung aja kita menuju proses pembuatan resep kue nastar nanasnya. Mari Masak..

RESEP KUE NASTAR NANAS ENAK LEMBUT


Yang pertama harus disiapkan dalam pembuatan resep kue nastar nanas enak lembut ini adalah menyiapkan berbagai macam bahan-bahan nya. Untuk bahan yang diperlukan seperti dibawah ini yaa.

BAHAN KULIT NASTAR

  • 225 gram mentega
  • 150 gram margarin
  • 110 gram gula kastor
  • 4 butir kuning telur
  • 580 gram tepung terigu protein rendah
  • 40 gram susu bubuk
  • 40 gram tepung maizena

Kalo bahan untuk kulit nastarnya udah disiapin. Lanjut kita siapin juga bahan buat bikin selai nanas nya, supaya memberi rasa enak, manis, dan segar pada hidangan kue nastar ini. Mari kita siapin bahan selai dalam nya.

BAHAN SELAI NANAS

  • 5 buah nanas
  • 2 gram garam
  • 260 gram gula pasir
  • 4 potongan kecil kayu manis
  • 6 butir cengkeh
  • 1 sdt vanili  bubuk

Kita buat dulu selai nanasnya, supaya nanti tinggal masukin aja deh ke adonan nya. Kan lebih mudah dan gampang kalo selai nya udah jadi, hehehe.

CARA MEMBUAT SELAI NANAS

  1. Haluskan buah nanas (boleh diparut/blender).
  2. Lalu tuang nanas yg telah dihaluskan tadi kedalam wajan/panci.
  3. Nyalakan api dan masak diatas kompor sampai airnya menyusut, kemudian masukan kayu manis, cengkeh, gula, garam dan vanili bubuk yang tadi sudah disiapkan. Kemudian masak terus sampai berwarna kecoklatan.
  4. Matikan kompor dan dinginkan, kemudian bentuk bulat-bulat dan timbang masing-masing seberat 3 gram.
  5. Simpan dulu di kulkas agar selai lebih padat yaa..

Setelah semua bahan sudah disiapin. Cek lagi bahan-bahan nya yaa, takutnya ada yang kurang, nantinya bingung kalo bahan nya ada yang gak lengkap. Kalo dirasa semua bahan sudah komplit. Maka kita lanjut pada proses pembuatan kue nastar nanas ini. Perhatikan langkah-langkahnya yaa.. Mari Masak..

CARA MEMBUAT KUE NASTAR NANAS LEMBUT DAN ENAK

marimasakdunia.com

  1. Kocok mentega (yang telah didinginkan) juga margarin dan tambahkan gula kastor, kocok kembali dengan mixer hanya sampai tercampur saja, lalu masukkan kuning telur lanjutkan mengocok maksimal 2 menit. Selama ini saya gak sampai 2 menit ketika mengocok adonan karena adonan telah tercampur dengan baik sebelum 2 menit. Hindari mengocok terlalu lama agar nastar tidak melebar ketika dipanggang. Setelah tercampur, lalu matikan mixer.
  2. Masukkan bahan kering seperti tepung terigu protein rendah, susu bubuk dan tepung maizena dengan terlebih dahulu di saring agar tidak ada tepung yang menggumpal di adonan, lalu aduk rata dengan spatula.
  3. Timbang adonan yang telah jadi, seberat masing-masing 6 gram. 
  4. Pipihkan adonan lalu masukkan selai nanas yang tadi sudah dibuat dan ditimbang 3 gram (masing-masingnya) ke dalam adonan kulit nastar tersebut.
  5. Padatkan lalu bulatkan adonan.
  6. Panggang dengan api atas bawah dengan suhu 150°C selama 15 menit.
  7. Keluarkan dari oven lalu biarkan mendingin di suhu ruang lalu olesi dengan olesan ke-1 yaitu 2 kuning telur, 1 sdm air dan 2 tetes pewarna makanan warna kuning telur.
  8. Setelah olesan pertama kering, olesi lagi dengan olesan ke-2 yg terdiri dari campuran olesan ke-1 plus 1 sdm minyak sayur.
  9. Panggang kembali dengan api atas dengan suhu 110°C selama 10 menit.
  10. Setelah matang dengan sempurna, maka kue nastar nanas lembut dan enak pun siap disajikan.

Pokonya kue nastar nanas ini cocok banget dijadikan bahan cemilan saat rasa gabut melanda. Gak harus nunggu lebaran buat bisa makan kue nastar ini. Tiap hari juga bisa, kan udah dapet tips resep masakan dari mari masak dunia ini. Jadi bisa masak tiap hari deh, hehehe. Tinggal kreasikan lagi dengan selera masak kamu masing-masing yaa..

Untuk tips resep kue nastar nanas enak lembut ini sudah dibuat dengan cara semudah mungkin dan bahan-bahan yang cukup mudah untuk didapatkan. Agar kamu semua dapat dengan mudah mempelajari resep masakan dari mari masak dunia ini. Buat yang mau tau beragam resep-resep yang lain dari mari masak dunia bisa dilihat seperti resep batagor ayam kulit pangsit yang enak banget. Pelajari terus resepnya yaa.. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url