Rahasia Resep Kue Cucur Gula Merah Merona

Baca Juga

marimasakdunia.com

Suka banget deh kalo makan kue cucur gula merah, yaa selain rasanya yang enak, juga memiliki tekstur kue yang lembut dan bersarang. Biasa sih kalo beli kue cucur di emak-emak yang biasa keliling trus bawa beraneka macam jajanan kue tradisional khas Indonesia gituh, kadang juga kalo masih pagi si emak ini suka mangkal dagangannya di pasar, kadang dipinggir jalan, kadang juga ada didalam pasarnya. Jadi gak netap disatu tempat aja jualan nya. Kadang juga suka susah nemuin emaknya, padahal udah pengen banget sama kue cucur gula merah yang khas banget itu. Meskipun beliau udah berumur tapi semangatnya masih kaya anak muda, gesit banget lagi, sampe salut sama perjuangan buat menuhin kebutuhan hidup keluarga sehari-hari. Apalagi kue cucur nya enak banget lagi, tekstur lembutnya juga pas, trus kaya bersarang gituh, ditambah aroma yang khas, sampe-sampe ketagihan kalo udah makan kue cucur gula merah buatan si emak ini, hehehe.

Kue cucur gula merah juga enak banget buat menemani waktu bersantai di pagi hari, bisa jadi teman buat minum kopi atau teh hangat juga bisa. Karena kue cucur memiliki rasa yang manis, jadi banyak banget yang suka makan kue ini. Ditambah tekstur kuenya yang lembut, pas deh pokonya buat jadi cemilan kue yang manis-manis. 

Ada juga kue cucur yang teksturnya keras, biasanya hal itu bisa terjadi karena salah bahan dan resep masakan kue cucur itu sendiri. Karena dalam pembuatan resep kue cucur tidak bisa sembarangan, harus dengan resep, bahan, dan cara yang benar. Saya pernah beli kue cucur yang bisa disebut kue cucur yang gagal, karena rasa dan teksturnya kurang enak dan sedikit agak keras. Tapi kalo biasa beli di emak-emak tukang jualan kue langganan saya itu kue cucur nya enak banget, trus teksturnya juga lembut, bikin ngiler deh pastinya, hehehe.. Akhirnya saya coba tanya-tanya sama si emak nya, gimana cara buat kue cucur gula merah yang anti gagal. Dan bersyukur banget si emak dengan senang hati berbagi rahasia resep kue cucur gula merah merona yang enak banget itu. Tapi sebelum kita ke resep masakan nya, yuk cari tau dulu, Apa itu yang dinamakan kue cucur?

Kue cucur merupakan jajanan kue khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras dan gula merah, kemudian dimatangkan dengan cara digoreng. Kue cucur cenderung berbentuk tebal menggembung seperti gunung ditengahnya dan agak tipis untuk bagian pinggiran nya. Dan juga memliki tekstur seperti bersarang. Kue cucur yang dipadukan dengan gula merah disebut dengan kue cucur gula merah, jenis kue cucur yang inilah yang paling diminati oleh para pencinta jajanan kue tradisional

Nah setelah tau tentang kue cucur, inilah saatnya kita membahas tentang resep dan cara membuat kue cucur tersebut. Resep kue cucur yang akan kali ini mari masak dunia bahas adalah rahasia resep kue cucur gula merah merona yang enak banget. Wahh seperti apakah resepnya? Pasti udah pada penasaran yaa.. hehehe.. Resep ini mari masak dunia pelajari langsung dari ahlinya. Dijamin deh gak bakalan gagal. Nanti hasil dari resep masakan kue cucur ini bertekstur dan bercita rasa sempurna pokonya. Yuk langsung aja kita ke resep masakan nya. Mari Masak..

RESEP KUE CUCUR GULA MERAH


Agar mendapatkan hidangan kue cucur gula merah yang sempurna. Kita harus persiapkan dulu segala bahan-bahan nya. Menurut saya sih bahan-bahan untuk membuat kue cucur ini sangat sederhana, jadi tinggal pake yang ada aja dirumah, gak usah beli lagi deh, hehehe.. Mari kita siapin bahan-bahan nya.

BAHAN-BAHAN

  • 125 gr tepung beras
  • 100 gr terigu
  • 130 gr gula merah
  • 50 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 lembar daun pandan
  • Sejimpit garam

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah lengkap semua. Lanjut kita ke proses cara pembuatan kue cucur gula merah nya. Ikuti langkah demi langkah nya yaa, jangan sampe ada yang kelupaan. Yuk langsung kita buat kue cucur nya. Mari Masak..

CARA MEMBUAT KUE CUCUR GULA MERAH

  1. Rebus gula merah, gula pasir, air dan garam hingga larut lalu saring. Biarkan sampe hangat yaa, jangan terlalu panas.
  2. Campurkan tepung beras dan tepung terigu dalam wadah. Masukkan larutan gula yg telah disaring. Aduk hingga rata menggunakan whisk lalu mixer dengan speed rendah selama 5 menit.
  3. Istirahatkan adonan selama 15 menit. Aduk kembali menggunakan whisk. Kalau adonan terlalu kental bisa ditambah sedikit air agar konsistensi adonan pas (pas dalam artian tidak encer dan tidak kental), Karena tahap inilah rahasia resep kue cucur gula merah yang sempurna.
  4. Panaskan secukupnya minyak goreng dalam wajan cekung. Aduk kembali adonan menggunakan whisk sebelum menggoreng (tahap ini juga rahasia resep kue cucur anti gagal)
  5. Tuang satu sendok sayur kedalam minyak yg sudah panas. Siram siram atasnya. Tusuk dengan lidi tengahnya. Apabila sudah tidak ada adonan yg keluar tandanya cucur sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  6. Dan hidangan kue cucur gula merah pun siap untuk disajikan.

Sajikan bersama kopi atau teh hangat akan menambah kenikmatan tersendiri pokonya, hehehe. Dengan menyantap kue cucur, kita sudah berpartisipasi dalam melestarikan jajanan kue tradisional khas Indonesia kita ini. Agar dapat terus dikenal sampai generasi  penerus kita berikutnya. Jangan lupa juga untuk mecoba resep kue cucur gula merah ini dirumah yaa.. Jangan takut gagal, karena resep masakan dari mari masak dunia sudah dibuat dengan resep, bahan dan cara yang mudah dipahami dan dimengerti. Pokonya cocok banget buat yang masih pemula dan awam tentang resep masakan. Untuk dapat mempelajari beragam resep masakan yang lain dari mari masak dunia bisa dilihat seperti resep kue nastar nanas enak lembut. Semoga bermanfaat yaa.. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url