Kreasi Resep Ikan Tongkol Pedas Bikin Nafsu Makan

Baca Juga

marimasakdunia.com

Suka terpikir kalo mau bikin masakan yang terbuat dari ikan-ikanan. Takutnya salah masak ehh trus masih ada bau-bau amis nya gituh, hehehe.. Tapi kalo gak dimasak nanti takut ikan nya keburu busuk deh trus gak bisa diolah lagi. Soalnya tadi nyoba beli ikan tongkol di pasar, kepengen aja gituh beli ikan trus pengen bikin masakan yang terbuat dari ikan. Karena keluarga dirumah suka banget makan pake ikan, apalagi kalo dibumbui sambel yang pedas-pedas cabe merah gituh, pasti bakalan pada lahap makan nya.

Akhirnya setelah berguru pada yang ahli dalam dunia masak memasak. Nemu juga resep masakan ikan yang pas, cocok dan gampang banget buat dicoba dirumah. Yaa karena ikan sendiri kalo gak bisa ngolah nya bakalan gagal dan gak enak rasanya. Terus suka masih ada bau-bau amis nya gituh kalo ngasih bumbunya gak pas. Apalagi ini yang bakalan diolah jenisnya ikan tongkol, kalo resep nya gak pas bakalan gagal deh masakan nya. Tapi kalo resep masakan nya sempurna pasti bakalan menghasilkan cita rasa masakan yang istimewa juga tentunya.

Ikan tongkol sendiri banyak banget vitamin sama manfaat nya bagi tubuh kita. Karena ikan tongkol mengandung banyak protein yang sangat baik bagi pertumbuhan dan juga menyehatkan. Nah karena kandungan gizi yang terdapat dalam ikan tongkol ini sangat banyak, jadi akhirnya mutusin deh buat beli ikan tongkol trus diolah sendiri jadi masakan yang enak dan juga menyehatkan. Selain dapat kenyangnya kita juga dapat sehatnya juga. 

Resep masakan yang terbuat dari ikan tongkol ini gampang banget buat dijadiin menu hidangan keluarga dirumah. Cocok banget kalo mau masak dari bahan ikan-ikanan tapi masih bingung, gimana cara masaknya? Trus apa aja bahan-bahan nya? Tenang aja karena mari masak dunia kali ini akan membahas kreasi resep ikan tongkol pedas yang pasti akan menambah nafsu makan dan menggugah selera. Udah penasaran gimana cara buatnya? Yuk langsung aja kita ke resep masakan nya. Mari Masak..

RESEP IKAN TONGKOL PEDAS


Agar mendapatkan resep ikan tongkol pedas yang sempurna. Pertama kita harus persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masakan tersebut. Untuk bahan-bahan nya sebagai berikut.

BAHAN-BAHAN

  • 1 ekor ikan tongkol
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh geprek
  • 1 ruas lengkuas geprek
  • 3 bawang putih iris
  • ½ bombay ukuran besar iris
  • 8 rawit hijau iris serong
  • 1 buah tomat potong dadu
  • ½ sdt gula pasir
  • 1 sdm saos tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • Garam secukupnya
  • ½ sdt lada bubuk
  • 100 ml air

Selain bahan-bahan diatas, kita juga harus mempersiapkan bumbu ungkep sebagai bahan pelengkapnya. Bumbu ungkep nya seperti dibawah ini yaa..

BUMBU UNGKEP

  • 1 sdm bawang putih halus 
  • ½ sdt kunyit halus
  • 1 sdt garam
  • Air hingga tongkol terendam

Tidak lupa juga kita tambahkan bumbu halus sebagai penyedap rasa untuk masakan yang akan dihasilkan.

BUMBU HALUS

  • 150 gr cabe merah keriting 
  • 6 bawang merah 
  • 4 bawang putih
  • 1 cm jahe
  • 1 buah tomat 

Setelah semua bahan sudah siap. Kita lanjut pada proses cara membuat resep ikan tongkol pedas nya. Perhatikan langkah demi langkah nya yaa..

CARA MEMBUAT IKAN TONGKOL PEDAS

  1. Ungkep tongkol yang sudah dipotong-potong menggunakan bumbu ungkep hingga empuk, goreng tongkol, lalu angkat. 
  2. Tumis bumbu halus, lalu tambahkan bumbu iris, potongan tomat, daun jeruk, sereh dan lengkuas geprek, aduk rata. 
  3. Tambahkan saos, kecap manis, garam, gula, lada, aduk rata. 
  4. Masukkan tongkol, aduk-aduk, tambahkan 100 ml air, masak hingga bumbu meresap. 
  5. Koreksi rasa, sudah pas atau belum.
  6. Jika rasanya sudah pas, maka ikan tongkol pedas pun siap untuk disajikan.

Ternyata sangat mudah yaa kreasi resep ikan tongkol pedas ini. Selain mudah resep masakan ini juga dijamin bikin nambah nafsu makan keluarga dirumah. Kamu juga pasti dapat membuatnya sendiri yaa. Yang terpenting jangan pernah takut untuk mencoba. Jika ingin tau kreasi resep masakan yang lain dari mari masak dunia bisa dilihat seperti cara membuat makanan enak dan pedas yang tentunya menggoda selera makan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url