Tips Resep Wingko Babat Semarang Enak Dan Lembut

Baca Juga

marimasakdunia.com

Wingko atau wingko babat merupakan hidangan kue khas indonesia yang terbuat dari kelapa, tepung ketan dan gula. Makanan ini sebenarnya berasal dari Babat yaitu daerah kecil di Lamongan Jawa Timur. Tetapi wingko babat yang sangat terkenal adalah yang dibuat di semarang dan populer dengan nama wingko babat semarang.

Wingko babat semarang ini berbentuk bundar, biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Perpaduan dari kelapa dan gula dari wingko babat semarang ini dapat menghasilkan cita rasa yang luar biasa enak disertai tekstur yang lembut dimulut. Bikin ngiler deh pokonya, hehehe..

Daripada ngiler gak jelas, mari kita langsung membuat wingko babat semarang nya. Karena mari masak dunia kali ini akan membahas resep wingko babat enak dan lembut. Dengan bahan dan cara yang mudah dan simpel, pasti kamu juga bisa bikin sendiri dirumah. Resep ini cocok juga untuk wingko babat yang ingin dipakai untuk berjualan, karena bahan-bahan nya yang murah dan bermodal kecil, tetapi menghasilkan untung yang banyak.
Langsung aja yuk kita ke resep masakan nya, Mari Masak..

RESEP WINGKO BABAT ENAK DAN LEMBUT


Untuk mendapatkan resep wingko babat enak dan lembut, kita harus persiapkan bahan-bahan yang berkualitas yaa. Karena peranan nya sangat berpengaruh sekali terhadap hasil yang akan diperoleh nantinya. Bahan-bahan nya bisa dibeli ditukang sayur langganan atau bisa juga ditoko-toko kue terdekat. Cari yang lebih mudah aja yaa..

BAHAN-BAHAN

  • 150 gr tepung ketan 
  • 250 gr kelapa parut setengah tua, parut panjang 
  • 150 ml air kelapa (aku ganti santan instan 65 gr ditambah air 150 ml)
  • 100 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili 

Kalo bahan-bahan nya udah pada siap, kita lanjut ke cara membuatnya. Proses yang ini simak baik-baik yaa, jangan sampe keliru tahapan demi tahapan nya.

CARA MEMBUAT WINGKO BABAT YANG ENAK DAN EMPUK


  1. Campur semua bahan, aduk rata sambil sedikit di remas remas. 
  2. Diamkan 15 menit agar gula mencair. Beri tambahan bahan perasa jika suka.
  3. Sendokkan satu sendok adonan di wajan anti lengket sambil di bolak balik sampai matang kedua sisinya.

TIPS :

  • Waktu memanggang, gunakan api kecil saja. supaya matang sempurna wingkonya.
  • Setelah adonan di tuang, biarkan saja matang sendiri, nggak perlu di penyet-penyet supaya kulit luarnya nggak keras. 
  • Setelah bagian sisi bawah matang baru di balik.
  • Dipanggang hingga kedua sisinya matang semua.
  • Jika suka wingko yang teksturnya padat, jumlah air kelapa (santan) bisa di kurangi sesuai selera. 
  • Kalau sesuai resep, maka hasil wingko akan enak dan lembut dalamnya.
  • Wingko babat semarang enak dan lembut pun siap untuk disajikan.

Itu tadi tips resep wingko babat enak dan lembut, dijamin setelah baca resep masakan dari mari masak dunia ini, pasti dapat dengan mudah membuatnya. Untuk resep lain nya bisa lihat rahasia resep ayam taliwang enak dan gurih. Semoga bermanfaat yaa. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url