Begini Cara Membuat Resep Kue Cookies Choco Chip Yang Cokelat Banget

Baca Juga

marimasakdunia.com

Dalam masa-masa gabut seperti sekarang ini, kadang suka bingung mau makan, tapi gak laper, mau diem aja, tapi mulutnya pengen ngunyah terus. Jadi serba salah.. Mau masak juga bingung masak apa? Yaudah lanjut rebahan lagi sambil nonton TV. Ehh gak sengaja liat iklan, iklan nya iklan kue cookies lagi. Huhh.. kan jadi pengennn, bikin ngiler aja tuh iklan, bisa-bisanya bikin iklan yang kaya gituan. Setelah liat iklan tadi barusan, jadi kepikiran deh, mending bikin kue cookies sendiri aja yaa, pake bahan-bahan yang ada aja dirumah. Jadi gak perlu nguras kantong deh, hehehe..

Tapi sebelum kita menuju resep kue cookies tersebut. Alangkah baiknya kita harus tau dulu, Apa itu yang dinamakan kue cookies? Apa saja bahan-bahan yang terkandung dalam kue cookies? Dan bagaimana proses memasak kue cookies itu sendiri?

Seperti yang dikutip dari wikipedia kue cookies atau di Indonesia biasa disebut dengan kue kukis adalah makanan yang dimasak dengan cara dipanggang dan biasanya berbentuk kecil, datar dan manis. Biasanya kue cookies atau kukis ini terbuat dari tepung, gula dan beberapa jenis minyak atau lemak. Kukis juga dapat dicampur dengan bahan-bahan lain seperti kismis, gandum, kepingan cokelat, kacang-kacangan dan masih banyak lagi yang dapat dikreasikan. Kue cookies atau kukis juga sering disajikan dengan minuman seperti susu, kopi atau teh. Dan sangat nikmat jika disantap saat menemani waktu bersantai kita dirumah.

Ngomongin soal kue kukis, ada juga kue kukis yang dibuat dengan cara tradisional maupun dengan cara modern, seperti kue kukis buatan pabrik yang diolah menggunakan berbagai macam mesin canggih, sehingga dapat menghasilkan kue kukis dalam jumlah yang sangat banyak. Kukis buatan pabrik sudah mencapai target pasar yang sangat luas, bahkan ada sebuah brand kue kukis yang sangat populer dan mendunia sampai saat ini. Sedangkan kue kukis yang dibuat dengan cara tradisional hanya bisa menjangkau target pasar lokal saja. Karena memang hasilnya pun tidak sebanyak kue kukis buatan pabrik. Tetapi soal rasa, kue kukis buatan tradisional tidak bisa dianggap remeh, karena rasa yang dihasilkan tidak kalah enak, ditambah lagi memiliki cita rasa yang khas buatan sendiri.

Udah lah daripada mikirin kue kukis buatan orang. Mending kita buat sendiri aja yuk kue kukisnya dirumah. Jangan takut, karena kali ini mari masak dunia udah nyiapin resep cara membuat kue cookies choco chip yang cokelat banget. Dijamin bikin ketagihan deh pokonya, hehehe.. Resep dan caranya pun udah dibuat segampang dan semudah mungkin. Jadi bagi kamu yang masih pemula dalam dunia masak memasak cocok banget pake resep masakan dari mari masak dunia ini. Yuk langsung aja kita ke resep kue cookies choco chip nya. Mari Masak..

RESEP KUE COOKIES CHOCO CHIP


Dalam pembuatan resep kue cookies ini, langkah awal kita persiapkan bahan-bahan nya terlebih dahulu. Untuk bahan-bahan nya saya pake bahan yang ada dirumah aja, kita pake bahan yang sederhana aja, gak usah yang ribet-ribet, yang penting hasil kue kukisnya tetap enak dan berasa banget cokelatnya. Mari kita siapkan bahan-bahan nya.

BAHAN

  • 120 gr butter
  • 150 gr gula kastor
  • 2 kuning telur
  • 2 sdm cream cheese (skip kalo pengen renyah)
  • 1 sdt pasta coklat (opsional)

BAHAN KERING (ayak)

  • 190 gr terigu kunci
  • 40 gr coklat bubuk
  • 20 gr susu bubuk
  • 2 sdt munjung maizena
  • 1 sdt baking powder (opsional)
  • ½ sdt baking soda
  • ½ sdt garam (skip bila menggunakan salted butter)
  • vanilla bubuk secukupnya (opsional)

PELENGKAP/TOPING

  • Almond secukupnya, hancurkan kasar.
  • 40 gr choco chips

Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, lanjut kita ke proses cara pembuatan nya. Cara ini sangat mudah dan gampang, tinggal ikuti aja langkah demi langkah yang udah mari masak dunia buat dibawah ini. Ikuti semua langkah sesuai resepnya yaa.

CARA MEMBUAT KUE COOKIES

  1. Mixer dengan medium speed, butter dan gula hingga pucat dan creamy, tambahkan cream cheese lalu kuning telur.
  2. Kocok lagi hingga rata.
  3. Turunkan ke low speed, masukkan bahan kering bertahap (atau boleh diaduk dengan spatula).
  4. Masukkan almond dan choco chips, lalu aduk rata.
  5. Ambil adonan sekitar 1 sdt (boleh ditimbang kalo pengen sama rata @13gram), bulat-bulatkan asal aja yaa.
  6. Tata di loyang yang sudah dialasi baking paper. (kalo saya gak ditimbang langsung pake scoop es krim terus tekan)
  7. Panggang 160-170 C selama 12-15 menit.
  8. Sesuaikan oven masing-masing. Kalo pengen lebih keras/renyah panggang lebih lama yaa..
  9. Setelah matang, keluarkan kue cookies tadi dari oven. 
  10. Cookies masih agak lembek, tekan-tekan/pipihkan dengan sendok. 
  11. Biarkan dulu di loyang, setelah dingin cookies nya bakal mengeras sendiri.
  12. Kalo udah set, keluarkan cookies dari loyang, lalu dinginkan lagi di rak kawat.
  13. Lalu masukkan kedalam toples, agar tidak lekas jamuran.

Ternyata untuk membuat resep kue cookies ini sangat mudah dan gampang yaa. Bahan-bahan nya juga cukup menggunakan bahan yang sederhana, sesuaikan dengan apa yang ada yang dirumah masing-masing yaa. Karena resep kue kukis cokelat ini cukup praktis, jadi kamu juga pasti dapat membuatnya sendiri di rumah. Jangan takut buat mencoba yaa.. Yakin deh kamu pasti bisa. Yang terpenting selalu pelajari resep-resep dari mari masak dunia, dijamin bakalan lebih tau mendalam tentang dunia masak memasak. Untuk aneka resep masakan yang beragam, yang dapat kamu pelajari seperti resep masakan sayur enak dan murah juga dapat membantu kamu dalam mulai belajar memasak. Pelajari terus resep masakan nya yaa. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url