Kreasi Resep Batagor Ayam Kulit Pangsit

Baca Juga

marimasakdunia.com

Barusan tadi liat tukang batagor lewat depan rumah, tau banget tuh tukang batagor kalo lagi pengen ngemil kaya gini. Yaudah akhirnya nyobain beli. Batagor yang biasa dijual abang-abang keliling itu biasanya batagor yang terbuat dari ikan tenggiri. Yaa emang sih biasanya juga batagor mah terbuat dari ikan, trus ditambahin saus bumbu kacangnya yang khas gituh, pake sambel, pake kecap, emmmm.. enak deh pokonya, hehehe. Tapi kadang kepikiran, gimana kalo buat batagor sendiri aja yaa dirumah. Tapi dirumah kan gak ada ikan tenggiri nya, hmmm.. adanya cuma daging ayam aja, itu juga bekas kemarin bikin opor, masih sisa. Kepikiran juga gimana kalo bikin resep batagor ayam aja yaa, jadi supaya beda dari yang lain batagornya, hehehe. Tapi sebelum kita ke resep masakan nya, Alangkah lebih baik kita harus tau dulu, Apa itu yang dinamakan batagor? Kan kalo udah tau mah enak mau bikin nya juga pasti udah paham batagor itu seperti apa dan bagaimana cara untuk membuatnya. Karena blog mari masak dunia ini, selain ngasih tau tentang resep-resep masakan yang beragam, juga memberikan pengetahuan tentang masakan itu sendiri. Yuk langsung aja simak pembahasan mengenai batagor dibawah ini.

Batagor (Bakso Tahu Goreng) merupakan jajanan khas kota Bandung, yang terbuat dari tahu yang dilembutkan dan diberi isian adonan seperti adonan bakso, yang dapat terbuat dari ikan tenggiri atau bisa juga menggunakan daging ayam yang sudah dihaluskan. Kemudian ditambahkan tepung tapioka dan dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas hingga matang dengan sempurna. Batagor juga biasanya disajikan dengan saus bumbu kacang, kecap manis dan sambal. Atau jika ingin menambahkan bahan pelengkap yang lain juga bisa, sesuai selera masing-masing yaa.

Nah kalo udah tau batagor itu seperti apa, mari kita untuk mencoba membuatnya sendiri dirumah. Resep batagor ini terbuat dari bahan dasar daging ayam yaa, karena mau bikin batagor yang berbeda dari jualan abang-abang yang biasa keliling dan mangkal didepan rumah. Kalo si abang sih pakenya ikan tenggiri. Yaa karena dirumah lagi gak ada ikan, jadi pake yang ada aja, hehehe. 

Untuk mendapatkan batagor ayam yang sempurna, ikuti resep dan cara yang akan mari masak dunia bahas kali ini yaitu kreasi resep batagor ayam kulit pangsit. Selain menggunakan tahu, kita juga akan menambahkan kulit pangsit untuk menambah kreasi resep batagor ayamnya. Kan supaya lebih komplit hasil dari hidangan batagornya. Dijamin bikin nambah menarik deh pokonya. Yuk langsung aja kita menuju ke resep masakan batagornya, Mari Masak..

RESEP BATAGOR AYAM KULIT PANGSIT


Hal pertama yang harus dilakukan dalam pembuatan resep batagor ayam kulit pangsit ini, yaitu menyiapkan berbagai macam bahan-bahan nya, seperti bahan batagor dan bahan saus bumbu kacangnya. Mari kita siapin bahan-bahan nya.

BAHAN BATAGOR

  • 10 lembar kulit pangsit
  • 10 tahu goreng segitiga, belah tengah
  • 300 gr ayam fillet
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir telur
  • 150 gram tepung tapioka
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk jamur
  • 2 batang daun bawang (iris-iris)
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Setelah bahan batagor udah disiapin, lanjut kita siapin juga bahan untuk saus bumbu kacangnya. Karena batagor dan saus bumbu kacang ini tidak bisa dipisahkan, udah melekat satu sama lain. Yuk siapin bahan saus bumbu kacangnya.

BAHAN SAUS BUMBU KACANG

  • 250 gr kacang tanah
  • 3 cabai merah besar
  • 10 cabai merah keriting
  • 5 cabai rawit,
  • 4 siung bawang putih
  • 1 keping kecil gula merah
  • 1 sachet kecil kecap manis
  • secukupnya Garam
  • 600 ml air/sesuai kekentalan yang diinginkan

Note : Kalo mau saus bumbu kacangnya lebih pedas, tinggal tambahin aja yaa cabenya sesuai selera masing-masing.

Nah kalo bahan-bahan nya udah disiapin semua, tinggal kita ke proses cara membuatnya. Seperti apakah proses pembuatan batagor ayam tersebut. Mari simak cara dan langkah-langkahnya berikut ini, Mari Masak..

CARA MEMBUAT BATAGOR AYAM KULIT PANGSIT

  1. Haluskan ayam dan bawang putih, kemudian tambahkan garam, lada bubuk, kaldu jamur dan telur.
  2. Tambahkan tepung tapioka dan daun bawang, campur dan aduk sampai tercampur rata.
  3. Siapkan tahu tambahkan sedikit adonan ke tahu, lakukan sampai tahu habis, kemudian sisihkan.
  4. Siapkan kulit pangsit tambahkan sedikit adonan, lakukan sampai kulit pangsit habis, lalu sisihkan.
  5. Siapkan wajan berisi minyak, panaskan. Lalu ambil 1 sendok makan adonan bentuk bulat ( ini karena masih ada sisa adonan) goreng sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  6. Kemudian goreng tahu dan kulit pangsit hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Setelah semua batagor sudah matang, kita tinggal hanya membuat saus bumbu kacangnya, agar menambah rasa nikmat dan lezat saat menyantap batagor ayam ini. Yuk kita langsung membuat saus bumbu kacangnya.

CARA MEMBUAT SAUS BUMBU KACANG

  1. Goreng kacang tanah hingga matang.
  2. Blender cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit dan bawang putih hingga halus, lalu sisihkan.
  3. Kemudian Blender kacang, kehalusannya sesuai selera aja yaa, sisihkan.
  4. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan kacang tanah dan gula merah aduk rata lalu tuangkan air aduk rata beri garam dan kecap, aduk terus hingga kacang mengeluarkan minyak, koreksi rasa, jika sudah pas, maka letakan saus dalam mangkok yang udah disiapin.

Batagor ini dapat juga diberi tambahan bahan pelengkap, agar tampilan nya lebih menarik dan menggugah selera. Untuk bahan pelengkapnya seperti dibawah ini.

BAHAN PELENGKAP

  • 10 lembar daun kol, rebus
  • 5 butir telur, rebus

Terakhir tinggal tata semuanya dalam piring atau wadah yang udah disiapin sebelumnya. Letakan semua batagor, lalu ditengah piring taruh saus bumbu kacang yang udah dibuat tadi. Tata juga bahan pelengkap sepeti daun kol dan telur rebusnya. Dan hidangan batagor ayam kulit pangsit pun siap untuk disantap. Cocok banget buat ngemil atau makan-makan santai bersama keluarga atau teman dirumah. Pokonya enak, nikmat dan lezatttt..

Kalo mau tau berbagai macam resep masakan yang berbeda dari mari masak dunia bisa dilihat resep kue cookies choco chip. Silahkan untuk dipelajari yaa. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

SELAMAT  MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url