Inilah Resep Baso Aci Yang Paling Dicari

Baca Juga

marimasakdunia.com

Baso Aci merupakan jajanan khas Garut yang sedang populer saat ini. Banyak sekali yang mencari baso aci, karena rasanya yang enak, bertekstur kenyal dan empuk. Baso aci juga sudah mulai menebarkan pesonanya sampai ke luar daerah. Kini baso aci tidak hanya ada di garut saja, tetapi disekitar kita juga sudah mulai banyak yang menjual jajanan baso aci ini.

Baso aci juga dapat dikreasikan dengan berbagai macam toping yang kita inginkan. Ada yang memberi toping seperti ceker, sosis, tulang rangu, tahu, siomay, pangsit, cireng dan masih banyak lagi. Baso aci lebih enak dan nikmat jika disajikan dengan kuah pedas yang nendang. Karena baso aci dengan kuah pedas inilah yang paling banyak dicari. Sebab akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi mereka para pecinta makanan pedas. Kalo kurang suka atau tidak kuat dengan kuah yang pedas, bisa juga menggantinya dengan kuah yang biasa. Dengan cara mengurangi jumlah cabai saat membuat kuah dari bakso aci tersebut.

Ternyata untuk membuat makanan baso aci ini, caranya sangat mudah untuk dipelajari. Dan bahan-bahan nya pun sangat mudah didapatkan. Kalo mau nyari bahan-bahan nya di tukang sayuran keliling juga ada, tinggal pilih sesuai selera yaa.

Kalo ada yang masih bingung dan bertanya-tanya, gimana cara membuat resep baso aci yang empuk dan enak?

Nah, tidak usah berpikir lama-lama lagi, karena kali ini mari masak dunia akan membagikan resep baso aci empuk dan kenyal. Dijamin sekali makan langsung bikin ketagihan deh pokonya, hehehe.

Yuk langsung aja kita menuju resep masakan nya, Mari Masak..

RESEP BASO ACI


Seperti biasa dalam dunia masak memasak, hal yang paling pertama dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan untuk membuat makanan nya. Nah untuk bahan-bahan resep baso aci ini persiapkan seperti dibawah ini yaa.

BAHAN BASO ACI

  • Tepung Terigu (2 cup)
  • Tepung Tapioka (1 cup)
  • Bawang Merah (6 siung)
  • Bawang Putih (4 siung)
  • Merica
  • Bawang Goreng
  • Seledri

Jika bahan untuk baso aci sudah dipersiapkan, pertama kita buat dulu baso acinya. Untuk cara memasak baso aci, perhatikan cara dibawah ini yaa.

CARA MEMASAK BASO ACI

  1. Haluskan Bawang Merah, Bawang Putih, Merica lalu masukkan kedalam adonan tepung.
  2. Uleni adonan tepung, siram air panas sedikit demi sedikit, aduk terus sampai kalis.
  3. Kalo adonan tepung sudah kalis, masukkan bawang goreng, seledri, masukkan garam dan penyedap rasa lalu koreksi rasa.
  4. Bagi 2 adonan tepung sebagian dibentuk bulat untuk jadi Baso Aci, sebagian dibentuk pipih untuk jadi cireng.
  5. Masak Baso Aci sampai mengapung, sembari menunggu mengapung, goreng cirengnya.

Jika baso acinya sudah jadi, langkah selanjutnya kita harus mempersiapkan bahan untuk membuat kuah baso acinya. Karena jika baso aci tanpa kuah, bagaikan aku tanpa kamu, hehehe. Yuk siapin bahan untuk kuahnya.
 

BAHAN KUAH

  • Bawang Putih (3 siung)
  • Bawang Merah (5 siung)
  • Cabe Rawit (3 biji)
  • Cabe Besar (2 biji)
  • Bawang Daun (1 Tangkai)
  • Seledri

Lalu kita masak bahan kuah tadi sampai matang. Cara memasaknya seperti dibawah ini yaa.

CARA MEMASAK KUAH BASO ACI

  1. Haluskan Bawang Putih, Bawang Merah cabe rawit, dan cabe besarnya.
  2. Didihkan air, lalu masukkan bumbu halusnya.
  3. Kalo bumbu halus mulai tercium aromanya, masukkan irisan bawang daun dan seledri.
  4. Masukkan garam, gula, penyedap rasa, lalu koreksi rasa.

PENYAJIAN

Nah, setelah baso aci dan kuahnya sudah siap. Selanjutnya kita tinggal hanya memasukan baso aci kedalam kuahnya. Jadi nanti tinggal ambil sendiri deh baso acinya, ambil baso aci dan kuahnya yaa, lalu tuang  kedalam mangkok yang udah disiapin. 
Dan hidangan baso aci pun siap untuk disajikan.

Cukup mudah dan gampang cara membuat resep baso aci ini. Ditambah lagi mari masak dunia udah ngasih resep masakan nya. Jadi kamu tinggal mencobanya dirumah yaa. Semoga bermanfaat. Kalo mau tau resep dan cara membuat beragam masakan yang enak dan mudah dari mari masak dunia bisa dilihat cara membuat makanan enak dan pedas. Silahkan dipelajari yaa. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url