Panduan Resep Cara Membuat Makanan Enak Dan Pedas, Seblak Ceker Mercon

Baca Juga

marimasakdunia.com

Seblak merupakan makanan pedas yang berasal dari kota Bandung, Jawa Barat. Seblak sering disebut juga makanan khas orang sunda yang bercita rasa pedas dan menggugah selera makan. karena seblak terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran, telur, ayam, bakso, ceker atau tulangan dengan dicampur dengan bumbu kuah kencur yang akan memperkuat cita rasa yang dihasilkan. Ada juga yang membuat seblak dengan dipadukan dengan seafood atau aneka jenis daging-dagingan. Namun yang sering dijumpai adalah seblak dengan tambahan ceker ayam sebagai bahan pelengkap dan penambah daya tarik tersendiri.

Seblak yang diberi tambahan ceker ayam dan bumbu pedas sering disebut dengan seblak ceker mercon. Seblak ini yang paling laris dan paling banyak digemari oleh semua orang, terutama remaja-remaja jaman sekarang yang suka nongkrong sambil ditemani makanan pedas dan menantang, cocok banget makan seblak ceker mercon yang satu ini. Dijamin bikin ngiler dan ketagihan pokonya.

Seblak ini juga termasuk dalam makanan yang enak dan pedas. Karena terbuat dari berbagai macam cabai yang menciptakan rasa pedas yang menantang. Saat ini sangat banyak sekali yang ingin menyantap makanan pedas, sebab akan memberikan kepuasan tersendiri saat menyantapnya. Tapi masih banyak juga yang gak tau dan bertanya-tanya, gimana sih cara membuat makanan pedas yang enak dan menggugah selera makan? Nah disini mari masak dunia akan memberikan salah satu resep cara membuat makanan enak dan pedas.

CARA MEMBUAT MAKANAN ENAK DAN PEDAS


Untuk cara membuat makanan enak dan pedas, caranya sangat mudah. Cukup ikuti resep masakan yang akan mari masak dunia bahas kali ini, yaitu panduan resep cara membuat makanan enak dan pedas. Tentunya dengan resep yang sangat mudah untuk dipahami, pokonya cocok buat kamu yang masih pemula dalam dunia masak memasak. Yuk langsung aja kita ke resep masakan enak dan pedas yang satu ini. Mari Masak..

RESEP SEBLAK CEKER MERCON


Seblak ceker mercon juga dapat kita buat sendiri dirumah, Cara membuat resep masakan seblak ini cukup mudah, kamu juga pasti bisa membuatnya sendiri dirumah.

Pertama kita persiapkan bahan-bahan untuk membuat seblak nya. Disini saya menambahkan ceker ayam sebagai bahan pelengkapnya. Mari kita siapkan bahan-bahan nya.

BAHAN-BAHAN

  • 2 genggam kerupuk, rendam di air biasa 2 jam
  • 6 butir bakso
  • 200 gr ceker ayam

Selain bahan-bahan diatas, kita juga membutuhkan bumbu halus sebagai penyedap rasa dari hidangan seblak ini.

BUMBU HALUS

  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 ruas jari kencur
  • 8 cabai merah keriting
  • 6 cabai rawit pedas
  • 5 cabai rawit hijau (untuk irisan)
  • gula, garam, kaldu bubuk, lada bubuk.
  • 1 bonggol sawi sendok
  • 1 batang daun bawang
  • Air kaldu rebusan ceker (sesuai selera)
  • 2 butir telur yang sudah diorak-arik

Jika bahan dan bumbu sudah siap semua, kita lanjut pada proses pembuatan seblak ceker mercon nya.

CARA MEMBUAT SEBLAK CEKER MERCON

  1. Tumis bumbu hingga matang.
  2. Tambahkan bakso, ceker, kerupuk yang sudah direndam, garam, gula, lada, saos tiram, kaldu bubuk. Masak sebentar aja yaa.
  3. Kemudian tambah air kaldu, masak hingga mendidih dan meletup-letup.
  4. Masukkan daun sawi, daun bawang, dan cabai rawit iris, masak hingga sayuran matang.
  5. Angkat dan taruh dalam wadah yang sudah dipersiapkan.
  6. Dan Seblak Ceker Mercon pun siap untuk disajikan. (sajikan selagi masih panas akan memberikan tantangan tersendiri saat menyantapnya)

Ternyata panduan cara membuat makanan enak dan pedas, seblak ceker mercon ini cukup mudah yaa. Apalagi udah dapet panduan resepnya dari mari masak dunia. Tentu akan lebih mempermudah kamu buat mulai memasak. Kalo mau tau inspirasi resep masakan yang lain dari mari masak dunia, bisa dilihat inspirasi resep cara membuat kue klepon mudah dan enak. Semoga bermanfaat yaa. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url