Inspirasi Resep Cara Membuat Kue Klepon Mudah Dan Enak

Baca Juga

marimasakdunia.com

Klepon atau kelepon merupakan kue tradisional khas indonesia yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil, yang didalamnya berisi gula aren/gula merah. Proses memasak dari kue klepon ini yaitu dengan cara direbus dalam air yang mendidih. Klepon yang sudah masak biasanya dibaluri dengan parutan kelapa, agar mempercantik dan menambah rasa enak dari hidangan kue klepon tersebut. Dan untuk penyajian nya pun biasa menggunakan wadah yang terbuat dari daun pisang. Klepon yang dibungkus daun pisang akan memiliki aroma yang lebih khas.

Klepon juga termasuk dalam jenis kue jajanan pasar tradisional. Penjualnya sering ditemui didalam pasar dan ada juga yang mangkal dipinggir jalan. Tapi kalo gak mau ribet buat pergi ke pasar, kita juga bisa membuat kue klepon ini sendiri dirumah loh. Buat yang masih bingung, gimana sih resep dan cara membuat kue klepon nya? Kali ini mari masak dunia akan membahas resep masakan cara membuat kue klepon mudah dan enak. Disertai inspirasi resep yang akan mempermudah kamu dalam proses membuat kue klepon nya. Yuk kita langsung ke resep masakan nya. Mari Masak..

CARA MEMBUAT KUE KLEPON MUDAH DAN ENAK


Langkah awal, kita persiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue klepon ini. Bahan-bahan nya juga sangat mudah didapat ko, tidak harus yang ribet-ribet dan bikin pusing kepala tujuh keliling, hehehe. Yang terpenting dapat menunjang dalam pembuatan resep kue klepon yang akan kita buat kali ini. Untuk bahan-bahan nya bisa dilihat dibawah ini yaa..

BAHAN-BAHAN KUE KLEPON

  • 225 gr Tepung Ketan
  • 50 gr Tepung Beras
  • 1 sdm penuh Tepung Sagu (boleh skip/pakai 250 gr Tepung Ketan)
  • 200 ml Santan instan (hangat)
  • 50 ml Air Biasa + Endapan pandan yg kental
  • 1/8 sdt Kapur Sirih (larutkan dengan 1 sdm air)
  • Gula Aren/Gula Merah secukupnya (sisir halus)
  • 1/2 butir Kelapa (parut lalu kukus sebentar)
  • Daun pandan
  • Garam secukupnya
  • Air untuk merebus

Jika bahan-bahan nya udah komplit semua, kita lanjut ke proses pembuatan kue klepon ini. Perhatikan dengan baik proses dan langkah-langkahnya yaa..

CARA MEMBUAT KUE KLEPON

  1. Kukus parutan kelapa dan beri sedikit garam. (kukusnya sebentar aja)
  2. Campur santan hangat dan air hangat + endapan pandan menjadi satu wadah/gelas.
  3. Pada wadah besar, campur tepung ketan, tepung beras dan tepung sagu aduk rata, kemudian tuang campuran santan, air, endapan pandan dan larutan air kapur sirih sedikit demi sedikit kemudian uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan. (Cairan tuang bertahap, jangan dituang semua, bisa cek tekstur nya)
  4. Ambil sedikit adonan kemudian pipihkan, beri sedikit gula merah, rapatkan dan bentuk bulat-bulat sesuai selera. (Saya timbang per 10 gr kulit klepon dan isian gula aren 5 gr)
  5. Rebus air hingga mendidih, tambahkan daun pandan supaya wangi, masukkan adonan klepon dan masak hingga terapung dan matang.
  6. Angkat dan tiriskan, kemudian langsung gulingkan klepon diatas kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi garam secukupnya hingga rata.
  7. Dan hidangan kue klepon pun siap untuk disajikan.

Kue klepon ini sangat cocok disajikan sebagai cemilan saat waktu berkumpul keluarga dirumah atau bisa juga dipakai untuk berjualan, karena banyak juga yang nyari kue klepon ini. Siapa tau kue klepon buatan kamu terjual laris dipasaran karena rasanya yang enak dan lezat berkat resep yang udah dipelajari dari mari masak dunia ini. Jadi tunggu apalagi buat mulai mencoba resep masakan yang satu ini. Jika ingin tau aneka resep yang beragam dari mari masak dunia bisa dilihat juga cara membuat kue lapis dan resepnya. Semoga bermanfaat yaa. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url