Kreasi Aneka Resep Kue Dorayaki

Baca Juga

Dorayaki merupakan kue tradisional khas jepang yang berbentuk bundar dan sedikit agak tembam. Kue ini mulai dikenal bersamaan dengan adanya serial anime kartun doraemon. Karena tokoh utama dari serial anime tersebut, yaitu doraemon sangat gemar sekali memakan kue dorayaki ini.

Ternyata untuk membuat kue dorayaki sangat mudah loh, kita juga dapat membuatnya sendiri dirumah. Anak-anak pun pasti suka dan senang jika kita membuatkan kue ini untuk mereka. Sambil menemani waktu menonton serial kartun Doraemon tentunya.

ANEKA RESEP KUE DORAYAKI


Nah, kali ini saya akan membahas 2 kreasi resep kue dorayaki yang mudah dan simpel beserta bahan-bahan yang cukup sederhana. Pertama kita akan membuat resep dorayaki simple yang biasa dimakan oleh doraemon. Untuk resep yang kedua kita juga akan membuat resep dorayaki oreo, resep dorayaki yang kedua ini akan saya kreasikan dengan si hitam manis oreo, sehingga dapat menghasilkan rasa yang lebih unik dan menarik. Kedua resep dorayaki tersebut sudah saya buatkan resepnya semudah dan sesimpel mungkin, agar teman-teman dirumah dapat mengerti dan lebih memahaminya.

Oke, tidak usah berlama-lama lagi langsung aja kita ke resep yang pertama.

RESEP DORAYAKI SIMPLE


marimasakdunia.com

Resep masakan kue dorayaki simple ini, bisa juga disebut resep dorayaki chocolatos, karena saya menggunakan chocolatos sachet sebagai penambah rasa sekaligus pemberi warna coklat pada kue dorayaki nantinya. Untuk bahan-bahan yang lain nya sudah saya siapkan seperti dibawah ini.

BAHAN-BAHAN

  • 7 sdm tepung terigu
  • 1 sachet chocolatos
  • 1 sachet susu kental manis rasa coklat
  • ½ sdt baking powder
  • Setengah gelas air

Ternyata bahan-bahan nya cukup sederhana, teman-teman dirumah pasti dapat dengan mudah untuk mendapatkan nya. Dalam resep dorayaki ini saya tidak menggunakan telur yaa. Yuk kita lanjut ke proses cara membuat dorayaki chocolatos nya, Mari Masak..

CARA MEMBUAT

  1. Seduh susu kental manis coklat dengan setengah gelas air, aduk rata.
  2. Siapkan wadah campur tepung terigu, chocolatos dan baking powder lalu ayak.
  3. Tuang susu sedikit demi sedikit lalu aduk rata (jika masih kental bisa di tambahkan air sedikit) untuk hasil nya adonan jangan terlalu encer yaa..
  4. Diamkan adonan selama 15 menit dengan di tutup serbet / kain bersih di suhu ruangan.
  5. Setelah 15 menit buka serbet lalu aduk-aduk sebentar.
  6. Panaskan teflon.
  7. Panggang adonan tuang dengan sendok sayur.
  8. Tunggu hingga adonan berpori lalu angkat.
  9. Lakukan terus sampai adonan habis.
  10. Setelah itu oles selai coklat / sesuai selera.
  11. Dan kue dorayaki chocolatos pun siap untuk disajikan.

Selain kreasi resep masakan dorayaki chocolatos tadi. kue dorayaki bisa juga kita kreasikan lagi dengan bahan yang berbeda. Nah untuk bahan dan cara membuatnya, akan saya bahas dalam resep yang kedua ini.

RESEP DORAYAKI OREO


marimasakdunia.com

Resep dorayaki yang kedua, akan saya padukan dengan cemilan kaum milenial yang sangat populer saat ini, yaitu oreo. Penasaran gimana sih hasilnya, yang pasti saya jamin bikin ketagihan dan pengen lagi deh pokonya, hehehe. Yuk langsung ke resep dorayaki oreo nya.
⁣⁣⁣⁣⁣
Pertama kita siapkan bahan-bahan untuk membuat kue dorayaki nya.

BAHAN-BAHAN DORAYAKI OREO

  • Oreo 1 bungkus (kemasan 133gr) pisahkan biskuit dan cream tengahnya
  • Susu cair 80ml
  • 1 butir telur
  • Setengah sdm baking powder.

Jika bahan kue dorayaki sudah disiapkan, kita lanjut untuk menyiapkan bahan untuk dijadikan isian kue dorayaki oreo nya.

BAHAN ISIAN

  • Cream isian oreo
  • Margarin 2 sdm
  • Gula halus 1 sdm
  • Kental manis 1 sdm

Semua bahan telah siap, lanjut ke proses cara membuat dorayaki oreo. Langsung aja ke resep pembuatan nya. Mari Masak...

CARA MEMBUAT DORAYAKI OREO

  1. Siapkan chopper atau blender. Haluskan biskuit oreo.
  2. Masukkan telur. Susu cair lalu chopper lagi hingga tercampur rata dan halus. Pindahkan ke mangkuk.
  3. Masukkan baking powder aduk hingga tercampur rata. Diamkan 10 menit
  4. Setelah 10 menit, Siapkan fry pan atau teflon. Panaskan dengan api kecil. 
  5. Masukkan adonan dorayaki setengah sendok sayur atau sesuai selera yang penting konsisten takarannya biar ukurannya sama.
  6. Tunggu hingga muncul gelembung-gelembung dan gelembungnya meletup. Lalu balik dorayaki nya tunggu kira-kira 30 detik lalu angkat. Lakukan sampai selesai.

CARA MEMBUAT ISIAN DORAYAKI OREO

  1. Campur semua bahan isian. 
  2. Lalu aduk manual saja pakai whisk sampai menjadi cream. 
  3. Dan isian dorayaki pun sudah siap digunakan.

PENYAJIAN

  1. Siapkan dorayaki. 
  2. Beri isian tengahnya. 
  3. Bagian tengah lebih tebal.
  4. Lalu timpa dengan dorayaki lagi. 
  5. Tekan tekan pinggirnya sampai menyatu dan nempel satu sama lain. 
  6. Dan kue dorayaki oreo pun sudah siap untuk disajikan.

Ternyata banyak sekali yah yang dapat kita kreasikan dari hidangan kue dorayaki. Mari kreasikan lagi resep masakan kue dorayaki versi kamu dirumah. Kue dorayaki ini sangat cocok banget buat cemilan anak anak. Pasti suka deh pokonya. Untuk resep lain nya dari mari masak dunia bisa dilihat cara membuat brownies kukus chocolatos lumer. Semoga bermanfaat yah. Terima kasih.

SELAMAT MENCOBA
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url